Calon Peserta BLK Kupang Ikut Tes Wawancara

FOTO: Kasi Pelatihan BLK Kupang, Jeremias Ata saat memberikan tes wawancara kepada salah satu calon peserta jurusan menjahit yang berlangsung di Aula utama BLK Kupang, Kamis (30/01/2020) pagi / Dok. NTT UPDATE


KUPANG – Usai dinyatakan lulus mengikuti tes teori (tertulis), ratusan calon peserta Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) di UPTD Latihan Kerja Dinas Kopnakertras Provinsi NTT (BLK Kupang) harus mengikuti tes wawancara dalam tahap seleksi calon peserta PBK gelombang pertama tahun 2020.

Di sela-sela pelaksanaan tes wawancara yang berlangsung di BLK Kupang, Kamis (30/01/2020) pagi, Kepala Seksi (Kasi) Pelatihan BLK Kupang, Jeremias Ata mengatakan, salah satu tujuan pelaksanaan tes tertulis dan wawancara bagi para calon peserta BLK Kupang ini, agar pihaknya bisa mengetahui secara detail seperti apa keinginan, passion dan tujuan calon peserta mengikuti pelatihan di BLK.

“melalui kedua tes ini, baik tes tertulis maupun tes wawancara, kami (BLK) juga bisa mengetahui secara detail, apa kemauan sebenarnya dari setiap peserta, sehingga kalau sudah menjadi peserta di BLK, peserta benar-benar mengikuti pelatihan di berbagai kejuruan yang diminati sehingga setelah tamat dari BLK mereka bisa melakukan usaha mandiri atau bisa terserap di  perusahaan yang membutuhkan. Sehingga visi besar pemerintah tentang menekan angka pengangguran itu bisa tercapai. Bukan peserta itu datang mengikuti pelatihan di BLK ini karena ada hal-hal lain atau mengikuti di BLK ini karena mau mengisi waktu luang sementara.” jelas Jeremias.

Dia juga menegaskan, seleksi calon peserta tidak dipungut biaya (gratis), seleksi dilakukan secara transparan oleh manajemen atau panitia seleksi dan instruktur setiap kejuruan. Selain itu, tidak ada ada calo-calo di BLK yang ingin meloloskan calon peserta menjadi peserta pelatihan PBK di BLK. “Pelatihan di BLK gratis, tidak ada titipan-titipan. Peserta harus mengikuti tes seleksi tertulis dan tes tertulis wawancara. Bagi calon peserta yang tidak mengikuti tes seleksi tertulis dinyatakan gugur atau tidak lulus dan tidak diperkenankan mengikuti tes seleksi wawancara selanjutnya,” tegasnya.

Jeremias menambahkan, panitia saat ini sangat berhati-hati juga menentukan calon peserta yang lulus. Pasalnya PBK gelombang pertama untuk jurusan yang dibuka pendaftaran sangat banyak peminat.

“Pengumuman kelulusan akan dilaksanakan pada tanggal 5 Februari 2020 pagi di BLK Kupang, bagi calon peserta yang lulus segera melapor diri ke panitia di BLK Kupang. Bagi calon peserta yang dinyatakan tidak lulus nanti bisa ikut gelombang pelatihan selanjutnya di tahun ini, karena kuota peserta sesuai standard yang diberikn Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) hanya 16 orang setiap paket pelatihan di setiap jurusan. Sementara untuk pembukaan pelatihan gelombang pertama ini, direncanakan berlangusng pada tanggal 10 atau 11 Februari 2020, nanti ada pengumuman resmi dari BLK,” sambung Jeremias Ata

Peminat Membludak

SEBELUMNYA diberitakan, Kasi Pelatihan Jeremias Ata mengatakan,  BLK Kupang harus melakukan seleksi terhadap calon peserta pelatihan karena peminatnya cukup banyak di awal tahun 2020. Sejak dibukanya pendaftaran pada 17 – 24 Januari 2020 lalu, kata dia, BLK Kupang langsung diserbu ratusan pelamar untuk mendaftar di beberapa kejuruan yang telah dibuka.

“untuk menyeleksi peserta pelatihan gelombang I kami melakukannya lewat tes tertulis dan wawancara. Calon peserta yang sudah mengikuti tes seleksi tertulis yang telah berlangsung hari ini sejak pagi tadi (Senin 27/01/2020), pengumuman kelulusan akan diumumkan pada Rabu, 29 Januari 2020. Bagi calon peserta yang dinyatakan lulus tes seleksi tertulis akan mengikuti tes seleksi wawancara yang akan dilaksanakan pada Kamis, 30 Januari 2020 pagi di BLK Kupang,” kata Jeremias kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (27/01/2020) siang.

Lebih lanjut Jeremias, tahun ini BLK Kupang mendapat sedikit kuota pelatihan dari Kemnaker, namun peminat yang mendaftar cukup banyak. “tahun ini (2020) BLK Kupang mendapat paket pelatihan yang sedikit, hanya 20 paket pelatihan, beda dengan tahun-tahun sebelumnya yang paketnya samapai 80. Tahun-tahun sebelumnya, walaupun kami sudah melakukan promosi lewat brosur namun masih minim peserta. Bahkan kami cari peserta lagi. Tahun ini, peserta atau peminat yang mendaftar  sangat banyak,” pungkasnya.

Dia merincikan, gelombang pertama pihaknya membuka lima kejuruan dengan total peserta per paket yang diberikan Kemnaker hanya 16 peserta. Kelima paket itu diantaranya, Kejuruan Desain Grafis; total calon peserta yang mendaftar sebanyak 139 orang, sementara yang mengikuti tes seleksi tertulis sebanyak 36 calon peserta. Selanjutnya, kejuruan menjahit dasar; total calon peserta yang mendaftar sebanyak 294 orang, sementara yang mengikuti tes seleksi tertulis sebanyak 155 orang. Kejuruan menjahit lanjutan; total calon peserta yang mendaftar sebanyak 58 orang, calon peserta yang mengikuti tes seleksi tertulis sebanyak 38 orang. Kejuruan Kecantikan Kulit dan rambut; total calon peserta yang mendaftar sebanyak 137 orang, sementara yang mengikuti tes seleksi tertulis sebanyak 67 orang. Dan yang terakhir yakni, kejuruan Otomotif Sepeda Motor; total calon peserta yang mendaftar sebanyak 94 orang, sementara yang mengikuti tes seleksi tertulis sebanyak 47 orang.

Untuk pelatihan gelombang selanjutny pada tahun ini, lebih lanjut Jeremias, pihaknya akan membuka berbagai kejuruan pelatihan kerja yang telah ditentukan Kemnaker. Diantaranya, Pelatihan Hidroponik, pengolahan ikan, pembuatan roti dan kue, anyaman, Bahasa Inggris, Teknisi telpon cellular perangkat keras, commercial cookry, operator computer, menjahit pakaian wanita dewasa, mengerjakan finishing teknik semprot, mebeler, pengelasan 3G serta mekanik junior mobil.

“jadwal seleksi peserta dan kejuruan yang dibuka nantinya, akan diumukan sekitar pertengahan bulan Februari 2020,” tutup Jeremias. *(L-1).

Leader Ismail Wolwal

Add comment

Like Us On Facebook

Facebook Pagelike Widget

ADVERTISEMENT

 

UPDATE DESIGN

IKLAN NATAL

FOTO STUDIO – UPDATE DESIGN

UPDATE DESIGN PHOTOGRAPHY

Visitor




Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.