El Asamau Donorkan Plasma Darah Untuk Pasien Covid-19

KUPANG – El Asamau, mantan pasien Coronavirus Disease (Covid-19) pertama di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT)  mendonorkan plasma darahnya untuk pasien positif Covid-19 lain yang masih berjuang untuk sembuh dari virus Corona ini.

Donor plasma darah tersebut dilakukan di kantor PMI Kupang, Senin (18/05) pagi. Turut hadir Kadis Kesehatan Provinsi NTT, Dominggus Mere, Kepala UPT PMI NTT, para tenaga medis, serta dr Heri, internist konsultan penyakit darah dan kanker di RSUD W.Z Yohannes Kupang.

“Donor Plasma untuk pasien covid di NTT. Ada kadis kesehatan juga sama-sama mendampingi dan ikut mengecek kesiapan,” kata El kepada NTT UPDATE via Whats App, Senin (18/05), pukul: 11.23 Wita.

Melalui akun facebook miliknya, El Asamau juga menuliskan upaya pemerintah provinsi NTT melalui Satgas pencegahan Covid-19 ternyata sementara serius mengupayakan perawatan pasien Covid-19 yang kritis atau berat dengan terapi plasma convalescent, dimana para penyintas Covid-19 termasuk dirinya bisa menjadi kunci upaya terapi ini.

“Memang saya sudah berpikir untuk donor plasma beberapa minggu lalu, hanya tidak tahu mau mulai dari mana. Kemarin saya dihubungi oleh dokter Heri untuk donor dan sempat agak ragu karena tidak terlalu familiar dengan istilah donor plasma. Setelah dijelaskan, ternyata prosedurnya sama seperti donor darah biasa, hanya kemudian diambil plasmanya,” tulis penerima beasiswa LPDP lulusan Magister Kebijakan Publik di American University itu.

Melalui keterangan donor plasma berdasarkan penjelasan dr. Heri, mantan pasien positif Covid-19 pertama di NTT ini juga menjelaskan, plasma sendiri merupakan komponen tunggal terbesar dari darah manusia, terdiri sekitar 55 persen dan mengandung air, garam, enzim, antibodi dan protein lainnya

“Plasma yang terdiri dari 90 persen air merupakan media pengangkut sel dan berbagai zat penting bagi tubuh manusia. Plasma melakukan berbagai fungsi dalam tubuh, termasuk pembekuan darah, melawan penyakit dan fungsi penting lainnya,” ujar El, mengutip penjelasan dr. Heri.

El juga berharap agar para penyintas yang memenuhi syarat agar bisa ikut mendonorkan plasmanya sehingga dapat membantu pasien positif Covid-19. *(Leader Ismail).

Leader Ismail Wolwal

Add comment

Like Us On Facebook

Facebook Pagelike Widget

ADVERTISEMENT

 

UPDATE DESIGN

IKLAN NATAL

FOTO STUDIO – UPDATE DESIGN

UPDATE DESIGN PHOTOGRAPHY

Visitor




Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.