Terbanglah Menuju Keabadian Eyang Habibie

ilustrasi by www.nttupdate.com – UPDATE DESIGN


RABU (11/09/2019) MALAM, media sosial dan media daring ramai membicarakan tentang kabar duka  atas meninggalnya Bacharuddin Jusuf Habibie alias BJ. Habibie. Presiden RI ke-3 ini mengakhiri hidupnya di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta Pusat, sekitar pukul 18.05 WIB. Kesedihan atas meninggalnya sosok yang dikenal sebagai bapak teknologi dalam dunia penerbangan ini menjadi duka bagi tanah air.

Dihimpun dari berbagai sumber, tokoh kelahiran Parepare Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936 silam itu,  memiliki segudang prestasi di dunia penerbangan. Salah satu prestasi yang fenomenal adalah ia menjadi penemu teori keretakan pesawat atau crack progression, teori yang diterapkan untuk mencegah pesawat hancur selama penerbangan. Teori ini ia temukan pada dekade 60-an. Teori tersebut juga dikenal sebagai Teori Habibie, Faktor Habibie, dan Fungsi Habibie.

Menariknya, ini juga telah menjadi jawaban selama 40 tahun sejarah penerbangan komsersial. Bahkan, teori ini telah diakui oleh lembaga penerbangan Eropa. Serta diadopsi dalam pesawat komersil pada jamannya, sebut saja A300 yang diproduksi Airbus pada 1972 hingga 2006.  Tidak sampai disitu, kiprah BJ Habibie di dunia teknologi juga kian nyata hingga membawa Indonesia menjadi salah satu negara yang mampu membuat pesawat utuh. Pada 1976, Habibie mendirikan PT Industri Pesawat Terbang Nurtanio yang sekarang menjadi PT Dirgantara Indonesia.

Atas segudang prestasi dalam dunia penerbangan, kekasih almarhumah Hasri Ainun Habibie itu dijuluki Mr.Crack. Kepergian Habibie mengingatkan kembali publik di tanah air ini tentang sepak terjangnya dalam menghadirkan teori penerbangan. Bahkan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang bertindak selaku Inspektur Upacara pemakaman BJ Habibie di Taman Makam Pahlawan Utama (TMPU) Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9) pun memberikan sambutan untuk melepas Habibie dengan mengungkapkan Selamat jalan Mr Crack, selamat jalan sang pionir.

Habibie dikenal negarawan sejati, inspirator, dan ilmuwan patut menjadi suri teladan Indonesia, lewat pengabdian, pemikiran, dan juga ilmunya, Habibie menjadi salah satu tokoh yang sangat dicintai rakyat Indonesia.

Kini sosok bapak teknologi Indonesia yang kerapkali disapa eyang Habibie ini telah tiada, sejuta ucapan belangsukawa atas kepergian sosok ini pun datang dari berbagai penjuru. Dari jagad maya maupun secara nyata di rumah duka dan tempat pemakaman. Menariknya ucapan duka bagi BJ Habibi bertajuk selamat terbang menuju keabadian pun ramai diperbincangkan di media social hingga media daring.

Salah satunnya dikisahkan Najwa Shihab lewat postingan instagramnya @najwasihab, setelah mendengar kabar duka kepergian Eyang Habibi. Pembawa acara Mata Najwa ini menilai sosok Habibie bukanlah tokoh biasa, Habibie memiliki kedekatan dengannya baik sebagai kerabat maupun sebagai seorang narasumber. Najwa menyebut sosok Habibie adalah tokoh favorit yang pernah ia wawancarai. Di akhir postingan itu, Najwa juga mengucapkan perpisahan pada sosok yang sangat ia kagumi itu. “Untuk Bacharudin Jusuf Habibie tercinta, selamat terbang menuju keabadian,” demikian kutipan akhir cerita Najwa.

Selamat jalan Eyang Habibie, terima kasih sudah mengisi imajinasi anak negeri ini untuk bercita-cita setinggi terbangnya pesawat di angkasa. (*).

Leader Ismail Wolwal

Add comment

Like Us On Facebook

Facebook Pagelike Widget

Foto Studio : 081239777843

UPDATE DESIGN

UPDATE DESIGN

FOTO STUDIO – UPDATE DESIGN

UPDATE DESIGN PHOTOGRAPHY

Visitor




Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.